f

MAJULAH PENDIDIKAN SAMPANG

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 29 Maret 2018

MEMBUAT DAFTAR HADIR ON LINE BAGI PEMULA

Daftar hadir on line adalah kebijakan baru yang diterapkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional       ( Kemdikbud ). Awalnya kebijakan ini mulai dikenal pada tahun 2017. Namum pada tahun 2017 belum banyak dikenal karena pada saat itu belum ditegaskan bahwa Daftar Hadir Online memiliki korelasi dengan Tunjangan Sertifikasi. Pada tahun 2018 kendikbud melalui situs DHGTK ( Daftar hadir guru dan tenaga kependikan On line ) hal ini lebih meningkatkan gaungnya sehingga banyak sekolah yang mulai mengerjakan atau mengaktifkan daftar hadir on line nya. Namun ada pula yang masih kebingungan harus mulai dari mana. sehingga dengan adanya kondisi yang demikian tidak ada salahnya saya berbagi bagaimana cara membuat " Daftar Hadir On Line ( DHGTK ). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 1. Login ke situs : http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id Login dapat memakai user kepala sekolah atau operator Dapodik dengan seijin kepala sekolah, karena Mengecek daftar kehadiran guru / Tenaga Kependidikan adalah kewenangan kepala sekolah.

Pada bagian ini pilih menu " Login Sekolah "


                                             Vidio Tutorial Tersebut Mungkin Bisa Membantu

Itulah Tampilan Login ke DHGTK Selanjutkan login memakai akun Kepala Sekolah atau operator dapodik jika diberi kewenangan oleh kepala Sekolah 3. Isikan : NPSN sekolah anda user ID : adalah akun kepala sekolah di Dapodik misal : gatotkaca @gmail.com pasword : sesuai pasword anda di dapodik jangan lupa isikan kode keamanan yang terlihat.
4. Kalau sudah masuk ke Daftar Hadir On Line pilih menu " Kehadiran " sebagai berikut :
5. Langkah Selanjutnya adalah membuat Kalender Sekolah
Pilih Menu " Tambah " untuk membuat kalender Sekolah, sehingga muncul tabel untuk membuat menu sekolah, sebagai berikut :
6. Kalau kalender sudah dibuat maka langkah berikutnya adalah membuat daftar hadir dengan memilih menu " Buat Daftar hadir " seperti berikut.
Kita tinggal membiarkan centang pada guru yang hadir, dan menghilangkan centang bagi guru yang tidak masuk sebagai berikut :
jika ada guru yang ijin atau dinas luar, klik pada baris dimana guru tersebut berada dan pada bagian kiri muncul menu" Input Surat Ijin " seperti berikut :
isikan bagian bagian dari " surat ijin " sesuai data yang ada.( Surat ijin yang dibuat pejabat yang berwenang ). 7.
demikian langkah -langkah membuat Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan ( DHGTK ) Online ..semoga bermanfaat. DAFTAR HADIR ON LINE Ditulis oleh : Mohamad Juri, S.Pd.,MMPd Kepala SMPN Satap 2 Tambelangan Email : mjurybiology@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal OSN SMP

MENINGKATKAN KEINDAHAN SEKOLAH DENGAN LUKISAN PEMANDANGAN

            Sekolah adalah tempat berinteraksi antar komponen sekolah meliputi : Siswa, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan, maupun stake hold...