f

MAJULAH PENDIDIKAN SAMPANG

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 01 Maret 2020

MENGENAL SISTEM PENDIDIKAN DI FINLANDIA

Eksistensi dunia pendidikan dalam suatu negara sangatlah penting. Berdasarkan hasil penilaian terhadad sistem pendidikan di berbagai negara ternyata Finlandia menempati tempat teratas artinya memiliki tempat terbaik. Bagaimana negara ini memiliki sistem pendidikan ?

Negeri 6 Juta Jiwa

Tak terlalu banyak penduduk nya, penduduk Finlandia hanya 6 juta jiwa.  Namun dalam urusan sistem pendidikan yang diterapkan, kualitas memang lebih penting ketimbang kuantitas. Sepakat?

Istirahat Setiap  45 Menit Sekali

Inilah salah satu keunikan sistem pendidikan di Finlandia, disana setiap sesi pembelajaran hanya dibatasi 45 menit saja. Berikutnya? Ya, berikutnya siswa diwajibkan untuk istirahat 15 menit dahulu, kemudian baru melahap sesi pembelajaran selanjutnya. Analoginya seperti kapak, jika kapak terus menerus digunakan untuk memotong kayu lama-kelamaan akan tumpul. Maka dibutuhkan waktu istirahat sambil kapak itu diasah. Maka saat kapak akan digunakan lagi, tentu akan tajam seperti semula kan? Nah, begitulah filosofi gaya belajar Finlandia.

Tak Ada Istilah PR

Sistem Pendidikan Finlandia tidak menerapkan adanya Pekerjaan Rumah (PR). Ya, Finlandia memiliki pandangan bahwa aktifitas anak di luar jam sekolah adalah untuk aktifitas bersosialisai dengan keluarga/masyarakat, aktifitas bermain, hingga aktifitas untuk menerapkan keilmuannya.

Tidak Mengenal Adanya Ujian

Ujian juga tidak pernah diterapkan dalam pembelajaran dari SD-SMA. Finlandia mulai menerapkan adanya ujian ketika siswa sudah memasuki usia 18 tahun, yakni saat berada di jenjang perguruan tinggi. Finlandia tidak menerapkan adanya ujian karena beranggapan penilaian paling otentik adalah penilaian proses. Yakni penilaian yang diberikan selama proses belajar berlangsung, assessment detail tentang kemajuan dan kesulitan belajar siswa. Guru memiliki kebijakan mutlak tentang kelayakan seorang siswa untuk bisa lanjut ke kelas/jenjang selanjutnya.

1 Teacher = 12 Students

Kelas-kelas  di Finlandia tidak seramai kelas  Indonesia. Disana setiap rombongan belajar hanya berisi 12 siswa saja dan diampu oleh seorang guru. Dengan begitu guru akan bisa lebih memahami karakteristik belajar setiap siswa, lebih bisa mengontrol kemajuan belajar siswa, dan lebih bisa memberi solusi kesulitan belajar dari setiap siswa. Yap, kehebatan seorang guru memang bukanlah dilihat dari seberapa banyak siswa di kelas, namun dilihat dari seberapa banyak siswa yang berhasil dicetak menjadi manusia berkualitas.
sistem pendidikan di finlandia
sistem pendidikan di finlandia

Sistem Pendidikan di Finlandia Cukup 5 Sesi Pembelajaran Per Hari

Finlandia menerapkan Full Day School? Itu salah besar! Sistem Pendidikan di Finlandia hanya menerapkan 5 sesi pembelajaran/ 5 jam perhari. Mulai dari jam 9 pagi berakhir pada jam 2 siang. Tiap sesi berlangsung 45 menit, dan ada waktu istirahat selama 15 menit di setiap akhir sesi.  Jadi di Finlandia total istirahat per harinya adalah 75 menit. Di Indonesia? Maksimal 30 menit saja.

Sekolah Formal Dimulai di Usia 7 Tahun

Tidak ada pendidikan anak usia dini di Finlandia. Mereka beranggapan bahwa masa usia dini adalah waktu dimana anak harus memulai mengenal lingkungan social/lingkungan bermainnya tanpa perlu memikirkan materi-materi belajar yang memberi beban pikiran.  Hal ini sangat kontras dengan apa yang terjadi di Indonesia, dimana umur 4 tahun sudah berbondong untuk masuk PAUD.

Metode Pembelajaran “ Permainan Interaktif” Mendominasi Hingga Jenjang SMA

Di Indonesia, kita mungkin sangat biasa melihat metode pembelajaran permainan interaktif diterapkan di sekolah PAUD ataupun SD. Tapi bagaimana dengan SMA, seringkah? Sepertinya sangat jarang ya. Nah, di Finlandia, metode pembelajaran permainan interaktif (joyfull learning) menjadi metode yang sangat dominan digunakan hingga strata SMA. Joyfull learning dinilai lebih efektif digunakan karena akan meningkatkan motivasi, minat, hingga hasil belajar siswa,

Semua Guru di Finlandia Dibiayai Negara untuk Meraih Gelar Master

Finlandia mencanangkan bahwa guru harus berpendidikan S2. Dan pemerintah disana membiayai full para guru hingga berhasil meraih gelar Master. Menjadi guru di Finlandia juga tidak mudah lhoh. Penyaringan tenaga guru sangat ketat. Mereka yang berhak menjadi guru adalah para lulusan terbaik dari kampus yang terbaik pula. Keren kan?

Biaya Pendidikan Sepenuhnya Ditanggung Negara

Biaya pendidikan di Finlandia sepenuhnya ditanggung Negara. Institusi pendidikan swasta pun juga dibantu agar biaya pendidikannya juga terjangkau. Patut dicontoh nih!

Gaji Guru  Tertinggi di Finlandia

Di Finlandia profesi guru sangat dihargai. Disana guru berada di jajaran profesi dengan gaji tertinggi. Namun, itu sebanding dengan kinerja para guru di Finlandia. Tingginya kualitas pendidikan di Finlandia menjadi salah satu buktinya.

Guru Adalah Pemegang Kebijakan Kurikulum

Guru satu dengan guru lainnya bisa saja menerapkan kurikulum yang berbeda. Begitulah fenomena yang terjadi di dunia pendidikan Finlandia. Setiap guru memiliki kewenangan penuh untuk menentukan, merancang, hingga mengimplementasikan kurikulum sesuai dengan kehendaknya. Kurikulum yang dirancang guru akan dibuat berdasarkan kondisi, kebutuhan, hingga potensi siswa yang dihandle oleh setiap guru.

Tidak Mengenal Adanya “Kompetisi”

Pendidikan di Finlandia tidak pernah mengenal adanya kompetisi. Baik itu rangking/peringkat untuk setiap siswa, pemeringkatan sekolah, dll. Siswa di Finlandia semuanya dianggap sebagai rangking 1 atas potensi dan keahlian masing-masing. Para guru antar sekolah saling bekerjasama untuk mencapai kualitas yang terbaik.

Guru Difasilitasi Program Pengembangan Profesi Keguruan Setiap Pekan

Meningkatkan kompetensi dari waktu ke waktu sangat diperhatikan oleh pemerintah Finlandia. Maka guru setiap minggunya wajib mengikuti Program Pengembangan Profesi Keguruan. Hal ini tentu akan menjadikan kemampuan dan wawasan para guru di Finlandia meningkat setiap minggunya. Inspiratif!

Metode Pengajaran yang Inovatif

Guru di Finlandia adalah guru yang sangat menguasai teknik dan strategi pembelajaran. Inovasi pembelajaran adalah satu rahasia yang menjadikan Finlandia menjadi Negara dengan sistem pendidikan terbaik. Inovasi pembelajaran yang dilakukan mulai dari perencanaan, metode, hingga media pembelajaran. Siap menandingi guru Finlandia sahabat guru?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal OSN SMP

MENINGKATKAN KEINDAHAN SEKOLAH DENGAN LUKISAN PEMANDANGAN

            Sekolah adalah tempat berinteraksi antar komponen sekolah meliputi : Siswa, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan, maupun stake hold...