f

MAJULAH PENDIDIKAN SAMPANG

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Wikipedia

Hasil penelusuran

Selasa, 24 Desember 2019

BELAJAR YANG EFEKTIF






Siswa yang tidak lulus ujian sering dijuluki "si pemalas" atau "tukang melamun". Jika Anda belum berprestasi di sekolah atau mengalami kesulitan belajar, jangan memvonis diri sendiri "bodoh" atau guru tidak mampu mengajar dengan baik. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa hal yang membuat Anda terkendala saat belajar.

Untuk meningkatkan efektivitas belajar, cari tahu cara yang menyenangkan untuk dilakukan sebagai kegiatan rutin saat belajar, misalnya: menyimakmencatat, dan menggunakan jadwal. Dengan demikian, Anda mampu memanfaatkan potensi belajar secara lebih maksimal.

1
Cari tahu gaya belajar yang paling tepat untuk Anda. Pada umumnya, kita belajar dengan melihat, melakukan, dan mendengar. Pikirkan sesuatu yang masih Anda ingat dengan baik saat mengikuti pelajaran. Apakah Anda belajar sambil melakukan aktivitas? Apakah guru menjelaskan esai secara mendetail? Apakah Anda diberikan lembaran berisi materi pelajaran? Anda bisa belajar dengan efektif jika sudah tahu cara belajar yang paling tepat. Akan tetapi, banyak siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik dengan menggabungkan beberapa gaya belajar. Kerjakan tes melalui internet untuk menentukan gaya belajar yang paling tepat untuk Anda.



2
Dapatkan hasil belajar dengan melakukan aktivitas. Belajar sambil beraktivitas membuat Anda lebih mudah menghafal pelajaran. Selain itu, Anda bisa memperoleh beberapa manfaat yang lain.
  • Anda harus berkonsentrasi saat melakukan eksperimen di dalam kelas.
  • Berusahalah mencatat sebaik mungkin, sekalipun Anda tidak perlu melakukannya selama mengikuti pelajaranPikiran yang terbuka membuat Anda lebih mudah memahami informasi.
  • Selain mencatat, rekamlah penjelasan guru menggunakan alat perekam kecil supaya Anda bisa berfokus menyimak. Gunakan hasil rekaman sebagai bahan catatan. Walaupun cara tersebut membutuhkan lebih banyak waktu, Anda akan memetik manfaat dari teknik yang oleh para psikolog disebut "dual-coding hypothesis" sebab belajar akan lebih mudah jika dilakukan dengan dua cara yang berbeda (dalam contoh ini, Anda belajar dengan mendengar dan menulis)


3
Bebaskan diri dari hal-hal yang mengalihkan perhatian selama mengikuti pelajaran. Jangan biarkan perhatian Anda teralihkan oleh ponsel, musik, atau teman yang bawel. Carilah tempat duduk yang paling tepat sebab kelas adalah tempat berkonsentrasi, alih-alih untuk mengobrol dengan teman. Simpanlah                barang berharga di dalam tas atau letakkan cukup jauh agar tidak mengalihkan            perhatian.

4
Jalinlah hubungan baik dengan guru. Anda akan mengalami kesulitan di sekolah jika membenci guru. Tunjukkan bahwa Anda adalah siswa yang sopanrespek kepada guru, dan rajin belajar agar ia merasa dihargai sehingga pelajaran terasa lebih menyenangkan.

5
Tentukan target belajar yang mudah tercapai. Contohnya: biasakan mencatat materi yang sedang dijelaskan. Setelah satu minggu, tulislah esai berdasarkan materi yang Anda pelajari. Sebelum mempelajari topik baru, tulislah beberapa pertanyaan                     terkait  topik tersebut. Setelah pelajaran usai, cari tahu berapa                     pertanyaan yang terjawab. Setiap kali Anda berhasil mencapai                    target,   berikan hadiah kecil kepada diri sendiri, misalnya: membeli             CD atau baju, berkumpul dengan teman-teman, atau memanfaatkan            waktu luang untuk beristirahat.

6
Lakukan berbagai cara yang menyenangkan agar Anda bisa menikmati proses belajar. Berusahalah memotivasi diri dengan:
  • Mencari hal-hal menarik yang berkaitan dengan topik yang sedang dipelajari dan berfokuslah memahami topik tersebut sebaik mungkin. Semakin besar minat belajar, semakin banyak yang Anda pelajari.
  • Mengajak teman sekelas untuk belajar bersama. Siapkan tes kecil atau kuis lalu gunakan untuk saling menguji, diskusikan materi yang belum dipahami, bahaslah informasi yang menarik, atau buatlah catatan bersama-sama. Teman bisa meningkatkan motivasi belajar.

7
Sisihkan waktu untuk meringkas materi yang baru saja dijelaskan di kelas menggunakan buku catatan kecil. Tulislah 1-2 kalimat untuk dibaca lagi supaya Anda lebih mudah menghafal materi yang baru diajarkan.

8
Mintalah bantuan kalau Anda mengalami kesulitan. Banyak siswa enggan meminta bantuan orang lain. Ingatlah bahwa hampir semua guru bersedia membantu jika Anda mengalami kesulitan saat belajar atau ingin memahami materi yang diajarkan. Manfaatkan ruang belajar yang tersedia di sekolah atau langsung temui guru. Jangan malu untuk bertanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal OSN SMP

MENINGKATKAN KEINDAHAN SEKOLAH DENGAN LUKISAN PEMANDANGAN

            Sekolah adalah tempat berinteraksi antar komponen sekolah meliputi : Siswa, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan, maupun stake hold...